Garuda Muda Hajar Thailand 5-2

- Selasa, 16 Mei 2023 | 22:40 WIB
Timnas U 22 raih medali emas Sea Games 2023
Timnas U 22 raih medali emas Sea Games 2023


POROSJAKARTA.COM, PHNOM PENH - Timnas Indonesia U-22 berhasil mengakhiri masa tanpa meraih gelar dengan menjadi juara sepak bola SEA Games 2023. Di laga final, tim yang dilatih oleh Indra Sjafri ini berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 5-2.

Pertandingan antara Timnas U-22 dan Thailand berlangsung dengan hati-hati di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, pada Selasa (16/5/2023). Kedua tim bermain dengan sangat disiplin, sehingga mereka harus membangun serangan dengan sabar.

Timnas U-22 mendapat ancaman pada menit ke-8 melalui tendangan bebas. Bagas Kaffa berhasil menghalau bola tersebut sebelum pemain Thailand menyambutnya di dalam kotak penalti. Dua menit kemudian, Timnas U-22 juga menciptakan peluang melalui kerja sama antara Marselino Ferdinan dan Ramadan Sananta. Namun, tendangan Marselino melebar dan tinggi.

Baca Juga: Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2023 Timnas Indonesia U-22 vs Thailand, Live RCTI

Thailand membalas dengan skema umpan terobosan. Teerasak Poephimai yang lolos dari jebakan offside berhasil menggapai bola, tetapi tendangannya meleset di sisi kiri gawang Timnas U-22.

Kedua tim terus saling mengancam, dan giliran Timnas U-22 untuk mencoba lagi. Komang Teguh membawa bola ke tengah lapangan dan melepaskan tendangan dari jarak jauh yang masih belum akurat.

Timnas U-22 akhirnya berhasil unggul 1-0 melalui lemparan jarak jauh yang dilakukan oleh Alfeandra Dewangga pada menit ke-21. Sananta melakukan tandukkan, meskipun bek Thailand, Songchai Thongcham, mencoba menghalau, tetapi bola tetap masuk ke gawang.

Baca Juga: Timnas Indonesia Singkirkan Vietnam dengan 10 Pemain

Setelah tertinggal, Pelatih Thailand, Ithsara Sritharo, melakukan dua pergantian pemain sekaligus pada menit ke-30. Bukkoree Lemdee dan Achitpol Keereero digantikan oleh Phongsakon Tsirat dan Anan Yodsangwa.

Timnas U-22 terus menciptakan ancaman, dan kali ini Witan Sulaeman menjadi aktornya. Pemain dari Persija Jakarta ini melakukan cutting-inside di sisi kanan pertahanan Thailand dan melepaskan tembakan mendatar yang berhasil ditangkap oleh Soponwit Rakyart.

Baca Juga: Jelang Final Bola SEA Games 2023 Indonesia Vs Thailand, Jangan Lupakan Faktor 'X'

Menjelang akhir babak pertama, tepatnya di masa injury time, Indonesia berhasil mencetak gol keduanya. Ramadhan Sananta kembali menjadi pencetak gol setelah menyambut umpan dari Rizky Ridho. Thailand melakukan protes karena menganggap ada pelanggaran di kotak penalti Indonesia sebelum gol tersebut tercipta, tetapi wasit tetap mengesahkannya.

Thailand mengambil kendali permainan sejak awal babak kedua, sementara Timnas U-22 memilih untuk bermain bertahan dengan memadati area belakang dengan pemain. Thailand mendapatkan peluang emas pada menit ke-52 melalui Settasit Suvannaseat, tetapi Ernando berhasil menggagalkannya dengan melakukan penyelamatan.[]

 

Halaman:

Editor: MohGunawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jakarta Kota Wisata Olahraga Internasional

Jumat, 26 Mei 2023 | 10:27 WIB

Isu Didepak, Shin Tae-yong Naik Pangkat di PSSI

Kamis, 25 Mei 2023 | 18:28 WIB